Artikel

Materi Messanger Of Peace (MOP) Terbaru - Pramuka SMK N 1 Purbalingga

    Dibaca 1361 kali Materi

 

Apa itu MOP?            

Messengers Of Peace atau di singkat MOP yang dalam baha Indonesia berarti “Pembawa Pesan Perdamaian” adalah gerakan damai untuk membantu masyarakat melalui Gerakan Pramuka. Program ini telah dilaksanakan di 110 negara dengan total 10 juta anggota. MOP merupakan program kelanjutan, tidak hanya ceremonial.            

MOP memiliki 2 elemen:

Pertama adalah Jaringan Global MOP ( the Messengers Of Peace Global Network) dan yang kedua adalah Dukungan Dana MOP ( Messengers Of Peace Support Fund).    

      Pada Jaringan Global MOP adalah alat untuk menghubungkan para pramuka. Dengan menggunakan media sosial, jaringan tersebut memperkenalkan pramuka untuk menunjukkan proyek pelayanan mereka dan bertemu secara online untuk membagikan ide-ide mereka, menceritakan cerita- cerita mereka dan bekerja sama untuk membangun kedamaian didalam komunitas- komunitas. Melalui akses yang lebih besar untuk ide- ide pelatihan, dan dukungan, jaringan ini akan dikuatkan oleh seluruh pramuka.    

       MOP Support Fund akan menyediakan dukungan keuangan untuk proyek- proyek pelayanan dan inisiatif pramuka seluruh dunia. Badan ini memungkinkan pramuka yang berada di negara miskin untuk melaksanakan proyek penting yang dapat merubah berbagai komunitas. Kapan MOP digagas?     

        Sejak tahun 2001, Raja Swedia Carl XVI Gustaf  bersama Raja Abdullah dari Saudi Arabia menggagas gerakan pembawa pesan perdamaian ( MOP ). Kedua Raja itu telah menginspirasi lebih dari 10 juta anggota pramuka dari 110 negara untuk bekerja sama dalam perdamaian dan menghilangkan hambatan bagi orang- orang dengan latar belakang budaya dan iman berbeda untuk bersama- sama memeperkuat komunitas mereka. Dimana dan Mengapa MOP diterapkan?      

       Kita dapat menerapkan jaringan MOP keseluruh dunia. Diseluruh dunia , kepanduan (di indonesia dikenal dengan gerakan pramuka) memiliki program- program kemanusiaan. Mereka menyelesaikan konflik – konflik disekolah dengan mencegah penindasan, membantu program pendidikan, menolong orang miskin dan kelaparan, membuat solusi – solusi untuk masalah pemerintah, dan melaksanakan proyek layanan lainnya. MOP melaksanakan semua itu. Siapa yang dapat menjadi MOP?       

      Semua dapat mengambil bagian sebagai MOP yaitu dengan menjalankan proyek yang dapat membantu komunitas kita. Apakah kita melihat sebuah masalah dalam lingkungan kita Dapatkah kita melakukan sesuatu untuk menyelesaikan masalah tersebut? Jika ya, kita dapat menjadi seorang MOP juga, Jadi tunggu apa lagi? Bagaimana Cara Menjadi MOP?             Kita dapat bergabung dengan komunitas MOP dengan mendaftar pada halaman website resmi MOP untuk menyatakan tujuan dalam perubahan dunia. Rencana tersebut akan ditempatkan pada sebuah peta, sehingga setiap orang dapat melihat dimana kita, berapa dan apa rencana yang akan kita lakukan. Anda Pramuka? Siapkah melakukan Perubahan?           

  Langkah pertama :            

Berfikir tentang komunitas lokal disekitar kita. Apa yang mengganggu keseimbangan kehidupan, apa ada masalah pemerintah, atau ketidakpercayaan diantara kelompok- kelompok berbeda, atau keadaan darurat pada kesehatan, atau penindasan disekolah, atau adakah kolompok masyarakat yang dikucilkan atau marginal. Semua kemungkinan seperti diatas dapat saja kita temui.         

    Langkah Kedua :            

Putuskan apa yang kita lakukan untuk dapat menolong kegiatan ini boleh menjadi bagian program normalkegiatan kepramukaan atau sebagai bagian program pelayanan komunitas pramuka.           

  Langkah ketiga :          

   Daftar pada halaman website halaman resmi MOP untuk menyatakan tujuan dalam perubahan dunia. Rencana tersebut akan ditempatkan pada sebuah peta, sehingga setiap orang dapat melihat dimana kita, berapa dan apa rencana yang akan kita lakukan.           

  Langkah keempat :           

  Menjaga komitmen dan semua teman pramuka yang dapat membantu kita untuk melakukannya. Ajaklah mereka untuk mendaftar dan menyebarkan melalui facebook.