Artikel

Adventure Scout Of Sankar Pramuka SMK N 1 Purbalingga

    Dibaca 482 kali Kegiatan

Adventure Scout Of Sankar 

Pramuka SMK N 1 Purbalingga, mempunyai kegiatan yang dinamakan Adventure Scout Of Sankar. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan anak Pramuka di dunia luas di hutan, pedesan alami, dan semacamnya. Agar jiwa sosial, dan jiwa Cinta alam bisa tumbuh besar di dalam diri mereka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menjelajahi bukit bukit, hutan, dan pedesaan setempat. Kegiatan ini juga untuk melatih kedisiplinan, mental, dan kekeluargaan anggota Pramuka.

Tujuan Singkat

Menumbuhkan Rasa Cinta Alam

Menjadi seorang anggota Pramuka pasti sudah tidak asing lagi bila mendengarkan kata Dhasa Darma , ya.. salah satunya ada yang menyebutkan didalamnya yaitu Cinta Alam Dan Kasih Sayang Sesama Manusia yaitu Dasa Darma ke 2. Dalam kegiatan Adventure Scout Of Sankar ini, anggota pramuka SMK N 1 Purbalingga, di ajarkan untuk tetap menjaga alam dan lingkungan sekitar, yaitu dengan cara tetap menjaga lingkungan, tidak merusak lingkungan, dan tidak membuang sampah di alam sekitar saat dalam penjelajahan di alam bebas.

Rasa Sosial yang Berkembang

Jiwa Kepramukaan apabila tidak mempunyai jiwa Sosial adalah hal salah, jadi di Adventure Scout Of Sankar ini para anggota Pramuka diajarkan untuk salig menghormati satu sama lain, saling membantu antara anggota pramuka ataupun masyarakat sekitar. Jadi rasa sosial didalam anggota pramuka bisa kokoh berdiri, tetap sopan, bersosial juga tegas.

Fungsi 

  Melatih Kedisiplinan

Setiap regu yang sedang menjalankan penjelajahan, dialtih untuk tepat waktu saat di tempat tujuan yang di tunjuk, hal ini untuk melatih mengatur waktu dengan tepat, agar meminimalisir kejadian yang tidak di inginkan saat perjalanan.

  Menjadikan Mental yang Kuat

Setiap regu, yang sedang dalam penjelajahan pastinya ada sorang pemimpin, dan pemimpin bertugas menjaga regunya dari segala ancaman jadi hal ini mental mereka di uji dengan kondisi alam sekitar dan lain lain.

  Melatih Kekeluargaan antar anggota Paramuka

Ini bertujuan sangat penting karena rasa kekeluargaan di dalam keorganisasian pramuka sangatlah dibutuhkan, dari sikap tolong menolong, saling mengerti, jujur, dan kasih sayang, juga tidak lupa jiwa korsa. Hal ini bertujuan untuk jiwa kekeluargaan mereka bisa terjalin kuat.