Artikel

Jelajah Aksi dan Kreasi SANKAR 2016

    Dibaca 473 kali Activity Kegiatan

Minggu (20/11) cuaca hari itu cukup mendukung untuk melakukan kegiatan outdoor. Pukul 06.00 WIB Calon Bantara sudah berkumpul di sekolah untuk mengikuti kegiatan ini. Jejak Sankar (Jelajah Aksi Dan Kreasi Sankar). Kegiatan yang ditunggu akan segera dimulai. Pukul 06,00 WIB mereka diberangkatkan ke lapangan desa Cipaku kecamatan Mrebet. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan kegiatan. Setelah upacara pembukaan peserta diarahkan menuju SD untuk berganti pakaian.

Peserta kembali ke lapangan untuk mendapat pengarahan kegiatan berikutnya. Setelah pengarahan sangga putra dibagi untuk memimpin sangga putri melakukan penjelajahan. Penjelajahan diawali dari lapangan desa Cipaku dan berakhir di lapangan desa Bumisari. Semua pinsa/pimpinan sangga dikumpulkan untuk mengambil nomor keberangkatan. Satu persatu sangga memulai penjelajahan dan diikuti oleh satu kakak kelas. Selama perjalanan mereka diberi tantangan untuk melakukan beberapa kegiatan kepramukaan salah satunya adalah mempraktekan semaphore.

Hari beranjak siang dan peserta masih semangat mengikuti kegiatan. Peserta masih belum ada yang sampai di lapangan,hal ini membuat panitia yang menunggu di lapangan gelisa,apakah mereka bisa menyelesaikan tantangan tersebut atau tidak. Tak lama kemudian salah satu sangga terlihat berjalan menuju lapangan. Mereka disiapkan dan diberi arahan untuk beristirahat dan sholat. Satu persatu sangga yang lain pun mulai terlihat. Setelah istirahat permainan pun dimulai. Permainan pertama adalah mencari sedotan,caranya mata mereka akan ditutup menggunakan slayer kecuali pinsa. Mereka diperintahkan hanya melakukan apa yang pinsa katakan. Mereka diberi waktu 3 menit untuk mengambil sedotan sebanyak-banyaknya. Sangga yang mendapat sedotan paling banyak ialah pemenangnya. Lanjut ke permaninan kedua yaitu memindahkan air dari ember 1 ke ember 2 tetapi mereka hanya diperbolehkan menggunakan alat yang melekat ditubuh mereka,ada yang menggunakan slayer,sepatu bahkan kaos kaki. Sama seperti permainan pertama mereka diberi waktu 3 menit dan sangga yang berhasil mengumpulkan air paling banyak ialah pemenangnya. Permainan kedua selesai dilanjut ke permainan ketiga yaitu meniup bola pingpong agar jatuh ke ember yang sudah disediakan. Sangga yang paling cepat menjatuhkan bola menjadi pemenang. Permainan keempat yaitu melempar bola pingpong ke gelas air mineral yang diisi air. Dilanjut ke permainan kelima yaitu estafet air menggunakan cangkir,sangga yang berhasil mengumpukan air paling banyak itulah pemenangnya. Semua permainan selesai tapi masih ada teka teki yang harus mereka pecahkan. Mereka diberi kertas berisi sandi kotak yang mengarahkan mereka untuk mengambil bola yang berisi tiket untuk megikuti kegiatan selanjutnya. Setiap sangga diberi waktu untuk mencari bola dan ternyata hanya ada satu sangga yang berhasil. Suasana haru menyelimuti mereka tapi dibalik itu panitia memiliki sebuah kejutan untuk mereka yang akan diberikan saat pertemuan rutin. Untuk menghilangkan rasa haru peserta diajak ke curug yang letaknya dekat dengan lapangan.

Sampailah puncak acara diawali dengan upacara diakhiri juga dengan upcara. Di upacara penutupan ini ada pemasangan tkk(tanda kecakapan khusus).